Senin, 28 Maret 2016

Presentasi Pertemuan pada 22 Maret 2016

Tidak ada komentar :
Macam Macam Media Penyimpanan


Pengertian Floppy Disk
Floppy disk yaitu sebuah perangkat tempat penyimpanan sebuah data atau pun file portable yang pada tahun 1990-an. Akan tetapi sekarang sudah popular di karenakan dapat mengangkut sebuah file dari computer satu dengan computer yang lainnya. Dan dengan adanya kata lain floppy disk itu merupakan sebuah kata alat yang membantu bagi pengguna computer yang dapat untuk menyimpan sebuah data atau file yang sangat penting.
Floppy disk itu berfungsi sebagai penyimpanan data dengan memori yang terbatas yang hanya dapat menampung dengan 1.44MB saja. Dan juga data yang telah di simpan itu dapat di akses ke computer lainnya. Yang tujuannya untuk mengangkut sebuah data yang ada di dalam nya floppy disk kemudian dapat di akses ke isinya.


Pengertian Punch Card

Punch Card adalah media penyimpanan data untuk pengaturan mesin. Punch Card juga merupakan media penyimpanan data yang diketahui paling tua. Punch Card memiliki kolom sebanyak 90 buah yang dapat menampung data yang sangat kecil. Punch Card memiliki bentuk berupa sepotong kertas yang kaku dan berlubang yang berisi informasi digital sebagai instruksi. Masa jaya Punch Card hanya dari tahun 1900-an hingga 1970-an.

Punch Card ini dirancang dan diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon.  Media penyimpanan ini menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Sejak tahun 1725 telah dirancang sebuah media untuk menyimpan data yang diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Namun pertama kali dipatenkan untuk penyimpanan data sekitar 23 September 1884 oleh Herman Hollerith – sebuah penemuan yang digunakan lebih dari 100 tahun hingga pertengahan 1970. Jumlah data yang tersimpan dalam media tersebut sangat kecil, dan fungsi utamanya bukanlah menyimpan data namun menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda.

Namun pertama kali Punch Card benar-benar digunakan untuk menyimpan beberapa macam data adalah pada tanggal 23 september 1884 oleh Heman Hollerith, sebuah penemuan yang digunakan hampir 100 tahun sampai pertengahan 1970an.
Yang mengetahui penggunaan Paper Tape pertama kali adalah Alexander Bain. Paper Tape ini biasa digunakan untuk mesin faksimil dan telegram. Setiap bari di Paper Tape dapat menampilkan satu karakter, karna Paper Tape ini dapat di lipat maka Paper Tape bisa menyimpan data lebih baik dari pada Punc Card. Sedangkan bentuk dari Paper Tape adalah strip panjang kertas dengan lubang yang menekan untuk menyimpan data. Paper Tape di gunakan dari tahun 1950-an hingga 1960-an. 



Pengertian Smart Card

Smart Card atau disebut dengan kartu pintar merupakan kartu biasa tapi di dalamnya sudah tertanam sirkuit terpadu. Smart card umumnya memiliki bentuk dan ukuran yang menyerupai kartu kredit konvensional, tetapi secara teknis benar-benar memiliki cara kerja yang berbeda. Perbedaan pertama, smart card memiliki bagian khusus di dalamnya, kartu kredit normal lebih sederhana dan sebagian besar hanyalah plastik. Bagian dalam smart card biasanya tertanam mikroprosesor. Mikroprosesor ini berada di bawah lapisan kontak emas di salah satu sisi kartu. Bisa dikatakan mikroprosesor ini sebagai pengganti magnetic stripe (garis magnet) biasa pada kartu kredit atau kartu debit.
Smart card jauh lebih populer di Eropa daripada di daerah lain. Di Eropa, asuransi kesehatan dan industri perbankan menggunakan smart card secara menyeluruh. Setiap warga negara di Jerman memiliki smart card untuk asuransi kesehatan. Meskipun smart card telah ditemukan dalam bentuk modern tapi setidaknya butuh waktu satu dekade untuk mulai digunakan secara umum di dalam kegiatan sehari-hari masyarakat.
Teknologi magnetic stripe seperti dalam kartu kredit atau debit tetap digunakan secara luas. Namun, data pada stripe (garis) dapat dengan mudah dibaca, ditulis, dihapus atau diubah dengan peralatan khusus. Oleh karena itu, stripe ini bukan tempat terbaik untuk menyimpan informasi sensitif. Untuk melindungi konsumen, bisnis di negara-negara barat telah berinvestasi dalam jaringan komputer secara online berbasis mainframe yang luas untuk verifikasi dan pengolahan.
Mikroprosesor pada smart card pada dasarnya adalah untuk meningkatkan keamanan. Komputer host dan card reader dapat saling berhubungan dengan mikroprosesor. Mikroprosesor memberlakukan akses ke data dalam kartu tersebut. Komputer host membaca dan menulis ke dalam RAM (Random Access Memory) yang tertanam dalam Smart Card dengan cara kerja yang sama seperti pada disket.
Smart card biasanya memiliki RAM hingga 8 kilobyte, ROM (Read Only Memory) 346 kilobyte, 256 kilobyte ROM yang dapat diprogram, dan mikroprosesor 16-bit. Smart card menggunakan interface serial dan menerima daya dari sumber eksternal seperti card reader. Prosesor menggunakan set instruksi yang terbatas untuk aplikasi seperti kriptografi.



Pengertian CD ROM

CD-ROM merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. CD-ROM juga berarti bahwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara garis besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR RW drive. Pada CD ROM terdapat tulisan 56X artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe CD RW juga biasanya dibedakan berdasarkan kemapuan membakar dan membaca. CD RW tipe 12x8x32 artinya memiliki kemampuan membakar pada CD R seccepat 12x, membakar pada CD RW secepat 8x, dan membaca CD R/CD RW/dengan kecepatan maksimal 32x.
Telah di jelaskan bahwa CD ROM mempunyai arti bahwa sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM), Game, atau Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.



Pengertian Magnetic Disk

            Magnetik Disk adalah piringan bundar yang terbuat dari bahan tertentu (logam atau plastik) dengan permukaan dilapisi bahan yang dapat di magnetasi. Mekanisme baca / tulis yang digunakan disebut head yaitu kumparan pengkonduksi (conducting coil) selama operasi pembacaan dan penulisan, head bersifat stationer sedangkan piringan bergerak-gerak di bawahnya biasanya yang menggantung diatas permukaan dan tertahan pada sebuah bantalan udara, kecuali pada flopy disk dimana head disk menyentuh ke permukaan.
Dalam magnetic disk terdapat dua metode layout data pada disk yaitu Constant Angular Velocity dan Multiple Soned Recording. Disk diorganisasi (permukaan dari piringan dibagi) dalam bentuk cincin – cincin konsentris yang disebut track atau garis yang memisahkan atar track seperti gambar dibawah. tiap track dipisahkan oleh gap, fungsi gap adalah untuk mencegah atau mengurangi kesalahan pembacaan atau penulisan yang disebabkan melesetnya head atau karena interferensi medan magnet. 




Pengertian Zip Disk

Zip drive (disk Zip) merupakan sistem penyimpanan dalam bentuk disk berukuran menengah, yang diperkenalkan oleh Iomega pada akhir 1994. Awalnya, disk Zip memiliki kapasitas 100 MB, tetapi kemudian ditingkatkan menjadi 250 MB dan kemudian menjadi 750 MB.
            Format ini menjadi yang paling populer di antara produk-produk jenis super-floppy tetapi tidak pernah mencapai status standar untuk menggantikan floppy disk 3,5 inci. Kemudian, CD-RW menggantikan posisi disk Zip, dan perekam CD internal dan eksternal Zip-650 atau Zip-CD tersebut dijual dengan merek Zip.
Zip sistem yang dikembangkan dari sistem Bernoulli Box buatan Iomega; di kedua sistem, satu set alat pembaca / penulis yang terpasang pada linear aktuator melayang di atas sebuah floppy disk yang berputar cepat dan terpasang pada poros yang kokoh. Linear aktuator tersebut menggunakan teknologi voice coil actuation, seperti pada hard drive modern. The Zip disk uses smaller media (about the size of a 9 cm (3½") microfloppy, rather than the Compact Disc -sized Bernoulli media), and a simplified drive design that reduced its overall cost. Zip disk menggunakan media yang lebih kecil (sekitar ukuran 9 cm (3 ½ ") microfloppy, bukan Compact Disk seperti sistem Bernoulli), dan desain yang lebih sederhana untuk menekan biaya keseluruhan.
Sistem ini menghasilkan disk yang memiliki semua kenyamanan dari floppy 9 cm (3 ½ "), tapi dengan kapasitas perekaman data lebih banyak, dan kinerja yang jauh lebih cepat dibanding floppy drive standar (walaupun tidak secara langsung bersaing dengan hard drive). Zip drive yang asli memiliki kecepatan transfer data dari sekitar 1 megabyte / detik dan kecepatan pencarian rata-rata 28 milidetik, dibandingkan dengan floppy 1,44 MB standar yang memiliki 500 kbit / s (62,5 kB / s) kecepatan transfer dan beberapa ratus milidetik untuk rata-rata kecepatan pencarian. Saat ini rata-rata kecepatan pencarian hard drive 7200 RPM sekitar 8.5-9 ms.
Zip drive generasi awal bersaing langsung dengan SuperDisk atau LS-120 drive, yang menampung 20% lebih banyak data dan juga dapat membaca disket standar 3½" 1,44 MB, tetapi mempunyai kecepatan transfer data yang lebih rendah karena kecepatan putarannya juga rendah. Persaingan antara keduanya berakhir dengan munculnya era USB.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Ads Inside Post